selamat datang

Jumat, 25 Maret 2011

MACAM2 SHOLAT SUNAT

Niat Shalat Tahiyyatul Masjid
أُصَلِّيْ سُنَّةَ تَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah tahiyyat masjid dua raka’at karena Allah ta’ala

Niat I’tikaf Masjid
Ketika anda baru duduk di masjid, hendaknya niat ber’itikaf (diam di masjid). Sebab ‘itikaf merupakan sunnah tersendiri. Ini niatnya.
نَوَيْتُ الْإِعْتِكَافَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى.
Aku niat ‘itikaf masjid (berdiam di masjid), sunnah karena Allah ta’ala


Niat Shalat Tahiyyatul Masjid
أُصَلِّيْ سُنَّةَ تَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah tahiyyat masjid dua raka’at karena Allah ta’ala

Niat I’tikaf Masjid
Ketika anda baru duduk di masjid, hendaknya niat ber’itikaf (diam di masjid). Sebab ‘itikaf merupakan sunnah tersendiri. Ini niatnya.
نَوَيْتُ الْإِعْتِكَافَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى.
Aku niat ‘itikaf masjid (berdiam di masjid), sunnah karena Allah ta’ala

5. Shalat ‘Iedul Fitri
Shalat ‘idul fitri hukumnya sunnah, jumlah shalatnya dua raka’at. Untuk waktunya yaitu mulai terbitnya matahari sampai tergelincirnya matahari. Tapi yang paling baik dilakukan ketika matahari sudah naik kira-kira satu tombak dalam pandangan mata.
Tata cara shalat ‘iedul fitri adalah membaca takbir 7x pada raka’at pertama, dan 5x kali pada raka’at kedua, disela-sela takbir disunnahkan membaca:
سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ، وَلآإِلٰهَ إِلَّااللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ

Niat Shalat ‘Iedul Fitri
أُصَلِّيْ سُنَّةً لِعِيْدِ الْفِطْرِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah ‘ idul fitri (berma’mum/ menjadi imam) sunnah karena Allah ta’ala

6. Shalat ‘Iedul Adha
Shalat ‘iedul adha hukumnya sunnah, jumlah shalatnya dua raka’at. Untuk waktunya yaitu mulai terbitnya matahari sampai tergelincirnya matahari. Tapi yang paling baik dilakukan ketika matahari sudah naik kira-kira satu tombak dalam pandangan mata.
Tata cara shalat idul adha adalah membaca takbir 7x pada raka’at pertama, dan 5x kali pada raka’at kedua, sama dengan shalat ‘idul fitri. Disela-sela takbir disunahkan membaca:
سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ، وَلآإِلٰهَ إِلَّااللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ
Niat Shalat Idul Adha
أُصَلِّيْ سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat ‘idul adha (berma’mum/menjadi imam) sunnah karena Allah ta’ala

7. Shalat Tahajjud
Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah shalat ‘isya’ dan setelah tidur walau hanya sebentar. Jumlah shalatnya paling sedikit dua raka’at, sedangkan banyaknya tidak ada batasan.
Catatan.
 Bagi orang yang biasa shalat tahajjud, kemudian tidak bangun pada malam hari sehingga tidak melakukan shalat tahajjud, maka baginya disunnahkan untuk mengqodloi-nya di siang hari sebelum dhuhur.

Niat Shalat Tahajjud
أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at, karena Allah ta’ala

Do’a Shalat Tahajjud
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اللهم لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيُّوْمُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَك الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَائُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وََمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللهم لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ اٰمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَبِكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ.

Do’a Saat Sujud Tahajjud
اللهم اجْعَلْ فِي قَلْبِى نُوْرًا، وَفِي سَمْعِى نُوْرًا، وَفِي بَصَرِى نُوْرًا، وَعَنْ يَمِيْنِى نُوْرًا، وَتَحْتِى نُوْرًا، وَاجْعَلْنِى نُوْرًا.
8. Shalat Istikhoroh
Ketika kita mengahadapi sesuatu yang mubah, seperti menikah, bepergian dan lain-lain, tapi kita merasa bimbang antara baik dan buruknya, maka disunnahkan untuk shalat istikhoroh (meminta yang terbaik). Jumlah shalatnya dua raka’at, raka’at pertama membaca surat Al-Kafiruun, untuk raka’at kedua membaca surat Al-Ikhlash.

Niat Shalat Istikhoroh
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah istikhoroh dua raka’at, karena Allah ta’ala

Do’a Shalat Istikhoroh
اللهم إِنِّي أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ، اللهم إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا الْأَمْرَ....(masalah yang dihadapi) خَيْرٌ لِيْ فِي دِيْنِى وَدُنْياَيَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةُ أَمْرِيْ وَعَاجِلِ أَمْرِيْ وَآجِلِهِ فَاقْدِرْهُ لِيْ وَيَسِّرْ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا الْأَمْرَ... (masalah yang dihadapi) شَرٌّ لِيْ فِي دِيْنِيْ وَدُنْياَيَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ وَعَاجِلِهِ وَآجَلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدِرْ لِي الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ .

9. Shalat Hajat
Apabila kita punya hajat/keinginan yang baik, agar oleh Allah dikabulkan, maka disunnahkan melaksanakan shalat hajat dua raka’at. Untuk caranya sama seperti shalat istikhoroh hanya beda niat. Waktunya boleh dilakukan pada malam hari atau siang hari, tetapi yang paling utama pada sepertiga malam (setengah tiga). Sedangkan surat yang dibaca lebih baik untuk raka’at pertama ayat kursi atau surat Sabbihis, dan untuk raka’at kedua surat al-Ikhlash.

Niat Shalat Hajat
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah hajat dua raka’at, karena Allah ta’ala

Do’a Shalat Hajat
لآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْحَكِيْمُ الْكَرِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَآئِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَاتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَاهَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَاحَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

10. Shalat Dluha
Shalat Dluha adalah shalat sunnah yang dilakukan pagi hari, waktunya mulai terbitnya matahari sampai tergelincirnya matahari (masuk waktu dhuhur). Adapun bilangan raka’atnya paling sedikit 2 raka’at, paling banyak 12 raka’at, tapi yang paling utama 8 raka’at.


Niat Shalat Dluha
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah dhuha dua raka’at, karena Allah ta’ala

Do’a Shalat Dluha
اللهم إِنَّ هٰذَا الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ، وَالْجَماَلَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللهم إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضُحَآئِكَ وَبَهَآئِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اٰتِنِى مَآ اٰتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ.

11. Shalat Tasbih
Shalat Tasbih adalah salah satu shalat yang sangat dianjurkan oleh baginda Nabi, kalau bisa setiap hari, atau seminggu sekali, atau sebulan sekali, atau setahun sekali, kalu tidak bisa juga satu kali seumur hidup.
Shalat Tasbih ini jumlahnya 4 raka’at. Apabila dilakukan pada siang hari, maka dijadikan satu kali salam dan apabila dilakukan pada malam hari, maka dijadikan dua kali salam.
Dalam shalat tasbih membaca tasbih sebanyak 300x, adapun caranya:
 15x setelah membaca Al Fatihah serta surat setelahnya.
 10x ketika ruku’, setelah membaca do’a ruku’.
 10x ketika ‘itidal, setelah membaca do’a i’tidal.
 10x ketika sujud awal, setelah membaca do’a sujud.
 10x ketika duduk diantara dua sujud, setelah membaca do’a duduk diantara dua sujud.
 10x ketika sujud yang kedua, setelah membaca do’a sujud.
 10x ketika duduk istirahat (duduk pemisah antara raka’at pertama dengan rakaat kedua)
Jadi dalam satu raka’at jumlah tasbih yang dibaca 75x, dan itu dibaca setiap raka’at sampai 4 raka’at, jadi jumlahnya 300x.


Niat Shalat Tasbih
 Niat shalat tasbih ketika dilakukan di siang hari.
أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah tasbih empat raka’at, karena Allah ta’ala

 Niat shalat tasbih ketika dilakukan di siang hari.
أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Aku niat shalat sunnah tasbih dua raka’at, karena Allah ta’ala

Bacaan Tasbih
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar